Curhat Perkuliahan Semester 1

Herzlich Wilkommen Para Pembaca Setia Blogku (kayak yg baca banyak aja lo ris -_-“) !!!

Alhamdulillah yah sekarang udah bisa blogging lagi setelah beberapa bulan terakhir pensiun hehehe.. Sekarang saya lagi liburan nih, liburannya lama banget sebulan (asyik hehehe :D) maklum anak kuliahan sekarang liburannya lama (gaya banget).. Sekarang gw mau sharing sedikit aja mengenai pengalaman pertama kuliah di semester 1.. Gw kuliah di jurusan teknik kimia.. Mata kuliah yang ada di semester 1 itu antara lain MPKT A (6 SKS), MPK Bahasa Inggris (3 SKS), Kalkulus (4 SKS), Pengantar Teknik Kimia (2 SKS), Kimia Dasar (2 SKS), Praktikum Kimia Dasar (1 SKS), dan MPK Seni (1 SKS).. Kebanyakan mata kuliah tersebut adalah mata kuliah universitas dan mata kuliah fakultas, hanya mata kuliah Pengantar Teknik Kimia saja yang merupakan mata kuliah jurusan tekkim.. Alhamdulillah selama kuliah ini, gw bisa ngikutin semua materinya dengan baik dan dapet IP yang memuaskan.. Okayyyy sekarang kita mulai ngebahas mata kuliah itu satu per satu..

Yang pertama, MPKT A (Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi). Matkul ini SKSnya paling besar dari yang lain yaitu 6 SKS tapi menurut gw ini matkul yang paling santai di semester pertama (agak kontrakdisi yaaa sama bobot SKSnya ~_~). Waktu di kelas MPKT, kebanyakan yang kita lakuin adalah diskusi dan presentasi serta melaksanakan proyek akhir di akhir semesternya. Ironisnya, SKSnya paling besar tapi nilai yang gw dapetin A- sehingga IP gw agak turun gara2 MPKT ini (curhat).

Yang kedua, MPK Bahasa Inggris. Yaaaak seperti nama matkulnya, kita belajar bahasa inggris disini mulai dari grammar, writing, listening, reading. Gw dapet dosen yang fun banget, di kelas beliau sering cerita tentang pengalamannya dan juga pengetahuan umum lainnya. Beliau update banget dengan informasi2 yang ada sekarang. Secara, beliau adalah salah satu moderator kaskus (widih keren ga tuh dosen merangkap jadi momod kaskus). Jadi di kelas Bahasa Inggris ini, gw ga cuma dapet ilmu tentang bahasa inggris tapi juga dapat pengetahuan umum yang lainnya. Alhamdulillah nilainya bagus, jauh dari ekspektasi nilai yang gw perkirakan.

Yang ketiga, Kalkulus. Kalkulus merupakan mata kuliah wajib fakultas teknik. Kalkulus itu intinya kayak matematika waktu SMA cuma lebih expert lagi yang lebih fokus pada limit, turunan, dan integral. Menurut kebanyakan mahasiswa teknik, kalkulus ini merupakan salah satu matkul yang agak susah. Tapi menurut gw, kalkulus ini sebenarnya mudah asal kita sering banyak latihan soal. Materinya sebelum UTS ada 5 yaitu Pertidaksamaan Mutlak, Fungsi dan Kontinuitas, Limit, Turunan, Integral. Sedangkan materi setelah UTS ada 4 yaitu Integral Tak Wajar, Barisan dan Deret, Turunan Dimensi-n, dan Integral Lipat Dua dan Tiga.

Yang Keempat, Pengantar Teknik Kimia. Matkul ini memberi kita gambaran mengenai apa aja yang akan kita pelajari dan geluti di jurusan teknik kimia. Materi yang ada mulai dari Introduction to Chemical Engineering, Chemical Engineer’s Contribution and Achievement, Unit, Neraca Massa dan Energi, Alat-Alat Industri Kimia, dan Industri Kimia. Matkul ini bener2 bermanfaat buat gw karena gw jadi tau tentang teknik kimia lebih dalem lagi.

Yang Kelima, Kimia Dasar. Yuup, seperti nama matkulnya, kimdas, disini kita belajar mengenai materi kimia seperti saat SMA hanya saja lebih mendalam. Gw dapet dosen yang cukup asik kasih nilai (hehehe). Alhamdulillah nilainya bagus.

Yang Keenam, Praktikum Kimia Dasar. Disini kita akan masuk laboratorium dan bereksperimen secara langsung. Dari 7 modul yang ada, kita akan mendapat 5 modul yang harus diselesaikan. Sebenernya matkul ini enak karena kita bisa mencoba secara langsung teori-teori yang ada di Kimia Dasar. Namun hal yang agak membuat repot adalah saat pembuatan laporan awal dan laporan akhir. Rata-rata laporan awal dan laporan akhir yang dibuat hampir 25-30 halaman. Gw pernah beberapa kali begadang sampe ketiduran ngerjain laporan praktikum ini hehehe. Tapi menurut gw ini bagus, karena melatih kekuatan mental kita untuk menghadapi kuliah ke depannya yang pasti akan lebih berat. Ganbatte Kudasai !!

Yang terakhir, last but not least, MPK Seni. Gw memilih mata kuliah Kaligrafi. Awalnya sih milih mata kuliah Teater. Namun tiba-tiba dapet ilham buat pindah ke kaligrafi hehehhe. Alasannya bukan itu sih sebenernya, alasannya karena kalo gw ikut teater gw udah tau pasti gw dapet perang protagonist (hehehe tambah ngaco lagi alasannya). Alasan yang bener adalah karena gw merasa interest dan ingin lebih tau lebih lanjut tentang kaligrafi. Ternyata matkul kaligrafi tuh asyik dan fun banget. Dosennya baik banget, sering ngobrol yang ringan2. Alhamdulillah dapet nilainya pun bagus hehehe.

Okay para pembaca setia, sekian dulu curhatan saya mengenai kegiatan selama kuliah semester 1. Terima kasih sudah berkenan membaca dan keep following blog ini ya !

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Curhat Perkuliahan Semester 1"

Posting Komentar