Essay Pengendalian Banjir

waktu SMA, pasti para siswa sering banget disuruh buat tugas tentang membuat essay.. nah saya mau kasih salah satu contoh essay yang pernah saya buat yaitu essay tentang banjir.

Beberapa hari belakangan ini, penduduk Indonesia terutama warga ibukota kembali disibukkan pada masalah lama yang semakin lama semakin tidak jelas penyelesaiannya. Banjir membuat aktivitas warga menjadi tersendat bahkan cenderung menuju ke arah kelumpuhan. Perhatikan saja apa yang terjadi saat hujan tiba. Selalu terjadi kemacetan dimana-mana. Jalan-jalan utama ibukota selalu tergenang oleh air.

Penyebab utama terjadinya banjir di Jakarta adalah tata ruang kota yang buruk. Perkembangan pembangunan di Jakarta tidak diimbangi jumlah lahan yang tersedia. Oleh sebab itu, banyak daerah hijau dan daerah resapan air yang dialihfungsikan menjadi tempat pembangunan. Kesalahan Pemprov DKI Jakarta adalah memberi izin kepada para pengusaha untuk membangun gedung-gedung bertingkat di daerah resapan air sehingga air tidak dapat meresap dengan baik.

Lalu pemerintah berusaha memperbaiki kesalahannya dengan melakukan langkah-langkah pengendalian banjir, diantaranya melalui program Banjir Kanal Timur (BKT). Program tersebut pada awalnya diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan banjir yang tak kunjung usai. Kanal akan dibuat hingga menembus laut sehingga diharapkan air dapat langsung mengalir menuju laut. Namun setelah program BKT rampung dan diresmikan oleh Gubernur Fauzi Bowo di akhir 2009, kenyataannya banjir masih tetap terjadi di Jakarta.

Menurut pandangan para ahli, program BKT bukan merupakan solusi untuk permasalahan banjir di Jakarta. Menurut mereka BKT hanya akan mengurangi persoalan banjir 30% di Jakarta Timur. Saya sendiri merupakan salah satu penduduk Jakarta yang tinggal di sekitar BKT. Sebelum adanya program BKT, bila hujan datang daerah saya tidak pernah tergenang air. Namun setelah adanya BKT, setiap hujan besar datang jalan-jalan di sekitar daerah rumah saya tergenang air sekitar 5-10 cm.

Kalimalang yang juga terdapat di dekat rumah saya kondisinya sudah tidak layak lagi disebut sebagai kali. Rumput-rumpuh liar tumbuh memenuhi badan kali hingga tinggal menyisakan sedikit sekali daerah untuk aliran air. Selain itu, kondisi kali sudah sangat dangkal dan tidak pernah dikeruk. Air yang berwarna kecoklatan memperlihatkan betapa tidak terawatnya kali tersebut.

Gubernur Fauzi Bowo berkilah bahwa pihaknya telah melakukan tindakan maksimal untuk mengatasi banjir. Semua sarana dan prasarana pengendalian banjir telah disiapkan. Tapi ia menyalahkan curah hujan yang tinggi yang datang setiap hari. Memang benar kalau intensitas hujan saat ini memang cukup tinggi. Namun setidaknya banjir bisa diminimalisir apabila pemerintah lebih serius dan melakukan tindakan yang tepat dalam mengatasi banjir.

Dalam kondisi sekarang diperlukan sinergi dan kerja sama antara pemerintah dengan warga dalam kaitannya menyelesaikan masalah banjir. Pemerintah harus serius membuat kebijakan yang tepat dalam menangani banjir. Begitu juga dengan rakyat yang harus mendukung dan melaksanakan program tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan sekarang adalah mengembalikan fungsi sungai sebagai saluran air sebagaimana mestinya. Pembangunan dam parit di lokasi hulu sungai akan lebih bermanfaat baik untuk mengurangi banjir maupun penyediaan air.

Mengenai masalah tata ruang kota, ada baiknya bila pemerintah dapat mempercepat penyelesaian program rumah susun. Dengan adanya rumah susun, maka dengan lahan yang terbatas tetap dapat menampung warga DKI Jakarta dalam jumlah yang banyak. Selain itu, bangunan di bantaran sungai dan kali harus dibersihkan. Warga juga harus mendukung program tersebut dengan cara bersedia untuk dipindahkan dari tempat tersebut.

Hal lain yang bisa dilakukan pemerintah adalah membersihkan saluran air dan parit dari segala sesuatu yang dapat menghambat aliran air. Rakyat juga harus mendukung program pemerintah tersebut dengan cara tidak membuang sampah ke sungai dan daerah aliran air sehingga tidak terjadi penyumbatan saluran yang menyebabkan banjir.

Jadi masalah banjir harus ada kerjasama antara Pemerintah dan masyarakat dalam menanggulanginya. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh Pemerintah saja akan tetapi membutuhkan partisipasi dari warga dalam usaha mengendalikan banjir.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Essay Pengendalian Banjir"

Posting Komentar